Surah Al-'Ashr dan Artinya

IslamDnet - Surah Al-'Ashr merupakan surah pendek yang diturunkan di Makkah dan terdiri dari tiga ayat. Dalam Al-Qur'an surah ini berada pada urutan ke-103. Meskipun suratnya pendek tapi kandungan di dalamnya sangat panjang, karena berhubungan dengan waktu.

Dalam ayat satu memiliki arti  demi waktu, yang berarti disitu ada suatu penegasan, bisa juga sebagai sumpah. Allah menegaskan bahwa Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, sebagaimana ada dalam ayat berikutnya. 

Baca juga: Surah Al-Waaqi'ah dan Artinya

Dengan membaca, memahami, dan mengamalkan isi dari Al-Qur'an khususnya dari surah Al-'Ashr ini semoga membawa kebaikan, keberkahan, dan pelajaran. Berikut adalah surah Al-'Ashr bacaan latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia dan Inggris lengkap dari ayat 1 sampai 3:
Surah Al-'Ashr
Surah Al-'Ashr

Bacaan latin Surah Al-'Ashr

1. Wal 'ashr,

2. Innal insaana lafii khusr,

3. Illal ladziina aamanuu wa'amilush shaalihaati watawaa shaubilhaqqi watawaa shaubish shabr.

Terjemahan Surah Al-'Ashr
  1. Demi masa,
  2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi dalam kesabaran.
Terjemahan Surah Al-'Ashr Bahasa Inggris
  1. Time and age are witness
  2. Man is certainly loss,
  3. Except those who believe, and do good and enjoin truth on one another, and enjoin one another to bear with fortitude (the trials that befall).
Selanjutnya: Surah Al-Humazah dan Artinya