Doa Memakai Baju Biasa Arab Latin dan Artinya

IslamDnet - Baju atau pakaian adalah salah satu bentuk rejeki dari Allah yang harus kita syukuri. Berapa banyak saat ini kita memiliki pakaian? satu, dua, tiga, sepuluh, atau lebih. Memang semua itu rejeki, tetapi kalau berlebihan hingga tidak terpakai kan sayang. Ada baiknya pakaian yang tidak terpakai itu kita berikan kepada orang lain.

Rasulullah Saw, bersabda yang artinya:

"Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya."  (HR.  Tirmidzi)

Kalimat tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan ke mana dibelanjakannya memiliki arti yang luas. Harta termasuk baju atau pakaian di dalamnya tentu akan ditanyakan kelak di akhirat. Jadi intinya belilah baju sesuai kebutuhan, jangan berdasar kemauan semata.

doa memakai baju biasa gambar

Berganti pakaian biasanya dilakukan setiap hari, bahkan dalam satu hari bisa lebih dari satu kali, jangan lupa untuk berdoa ketika memakai baju biasa ini:

Doa Memakai Baju Biasa

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ

 حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ

Alhamdu lillaahil-ladzii kasaanii hadzaa warazaqaniihi min ghairi haulin minnii walaa quwwah.

Artinya:
"Segala puji bagi Allah yang telah memakaikan kepadaku pakaian ini dan yang telah memberikan rizki pakaian ini kepadaku tanpa ada daya dan kekuatan dariku."

Baca doa lainnya: Doa Memakai Baju Baru Arab Latin dan Artinya

Itulah doa memakai baju biasa, mudah-mudahan kita dapat mengamalkannya setiap saat akan ganti pakaian. Jika belum tahu, kita bisa mengahafalnya atau jika perlu dengan menempelkan catatan doa ini di lemari. Ayo berbagi melalui media sosial, minimal untuk mengingatkan saudara kita lainnya.