Doa Qunut Shubuh Arab Latin dan Artinya

IslamDNet - Diketahui ada qunut Shubuh, qunut Nazilah, dan qunut Witir. Abu Daud dan Turmudzi telah meriwayatkan yang bersumber dari Ali bin Abi Thalib radiallaahu anhu bahwasanya ia membaca doa tersebut pada shalat witir.

doa qunut tulisan arab

Sedangkan menurut riwayat, Nabi Shallallaahu 'alaihi wa sallam telah mengajarkan pada Hasan cucu beliau, bahwasanya Qunut hendaknya dibaca dalam  shalat witir, yang kemudian oleh sebagian orang diambilnya dan menyunatkan Qunut pada setiap shalat Shubuh.


Qunut pada shalat Shubuh dibaca pada rakaat kedua setelah i'tidal (bangun dari rukuk) atau sebelum turun untuk sujud. Berikut bacaan doa Qunut lengkap tulisan Arab, bacaan Latin, beserta terjemahannya:

doa qunut latin

Doa Qunut dan Artinya


اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ ، وَعَاْفِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ

تَوَلَّيْتَ ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ ، فَإِنَّكَ 

تَقْضِيْ وَلاَ يُقْضَىعَلَيْكَ ، فَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ 

عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّناَ وَتعَالَيْتَ , فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ عَلَى مَا 

قَضَيْتَ , فَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ إِلَيْكَ , وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 

 وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم

Allahummahdiini fiiman hadait, wa'aafini fiiman 'afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiimaa a'thait, waqinii syarra maa qadhait, fainnaka taqdhi walaa yuqdho'alaik, fainnahu laa yadzillu man waalait, wa laa ya'izzu man 'aadaita tabaarakta rabbanaa wata'aalait, falakal hamdu walakasysyukru 'ala maa qadhait, fanastaghfiruka wanatuubu ilaik, washallallahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:
"Ya Allah, berilah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, dan berilah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan, uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, berkahilah untukku apa yang telah Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan, sesungguhnya Engkau Yang memutuskan dan tidak diputuskan kepadaku, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong. Engkau Maha Suci dan Maha Tinggi."

Demikian bacaan doa qunut yang dapat Anda hafalkan, untuk berbagi terhadap sesama silahkan gunakan tombol jejaring sosial di bawah.