Bacaan Doa Sujud Tilawah dan Artinya

IslamDNet - Sujud menurut KBBI ialah berlutut serta meletakkan dahi ke lantai. Sujud juga dapat disamaartikan dengan perbuatan menempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki pada kondisi serentak di lantai dengan tujuan tertentu karena Allah pada waktu dan saat-saat tertentu, serta bacaan tertentu.

Sabda Rasullullah SAW yang berarti:

"Aku diperintah (oleh Allah) bahwa aku sujud di atas tujuh anggota, di atas dahi dan diisyarat dengan tangannya di atas hidungnya, dan dua tangan dan dua lutut dan perut-perut anak jari dua kaki." (Hadis Muttafaqun Alaih)

Ada beberapa macam sujud, diantaranya sujud shalat, sujud sahwi, sujud tilawah, dan sujud syukur. Sujud Tilawah ialah sujud yang dilakukan setelah membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah dalam Al-Qur'an.

Ada beberapa bacaan saat Sujud Tilawah, diantaranya:

1. Sama seperti sujud dalam shalat, dari Khuzaifah ra. yaitu:

سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

"Subhaana robbiyal a'laa"
Artinya: Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi. (HR. Muslim)

bacaan sujud

2. Dari 'Aisyah ra.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا وَبِحَمْدِكَ ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى

"Subhaanakallahumma robbanaa wa bihamdika, allahummagh firlii."
Artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, dengan segala pujian kepada-Mu, ampunilah dosa-dosaku. (HR. Bukhari dan Muslim)

bacaan sujud tilawah

3. Dari 'Ali bin Abi Thalib, Nabi SAW ketika sujud membaca:

اللَّهُمَّ لَكَ سَجَدْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَلَكَ أَسْلَمْتُ سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

"Allahumma laka sajadtu, wa bika aamantu wa laka aslamtu, sajada wajhi lilladzi khalaqahu, wa shawwarahu, wa syaqqa sam'ahu, wa basharahu. Tabarakallahu ahsanul khaaliqiin."

Artinya: Ya Allah, kepada-Mu lah aku bersujud, karena-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah diri. Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta. (HR. Muslim)

bacaan doa sujud tilawah

Bacaan lainnya sebagaimana terdapat dalam hadist 'Ali yang diriyawatkan oleh Muslim, yaitu:

"Sajada wajhii lilladzii khalaqahu, wa shawwarahu, wa syaqqa sam'ahu, wa basharahu. Tabarakallahu ahsanul khaaliqiin"

Itulah beberapa bacaan Sujud Tilawah yang lengkap dengan tulisan Arab, bacaan Latin, dan artinya. Untuk berbuat kebaikan silahkan gunakan tombol berbagi dan semoga bermanfaat.